Author Topic: [Guide] Elemental Properties - Iris Version  (Read 26758 times)

Offline Hourai Ningyou

  • Follower of Wisdom
  • *****
  • Posts: 561
  • Cookie: 56
  • Boneka yang isa main game...
    • Hourai's blog
[Guide] Elemental Properties - Iris Version
« on: September 19, 2010, 03:48:03 AM »
PS: for english version, directly go to my blog, http://hourai.etealune.net/2011/01/emil-chronicle-online-introduction-to.html

Well, gw buat guide singkat ini separohnya karena request dari Hinanawi  :santai:
ngga nyangka gw nulis malem yang sama dari request, padahal guide marion aja ga jadi2 ;_;
Separohnya lagi karena kasian ama para ele instant yang ngga punya skill elemental kelas bawah (blast, dkk, kecuali elemen aer) <- don't ask me, this does happens, ga semua sih. also, karena para ele lain yang cuman mentingin damage ratio ga mikirin elemen (yang merasa disindir harap berbenah diri :D)

PS buat momod: gw taro di sini en bukan di tempat SU karena job lain (archer dengan panah elemen, marion mag, dkk juga make), mohon pengertiannya, klo masih salah ruang yah well, monggo dipindah

WARNING: Wall of text, yang ngga serius mau mbaca (bukan elemental user/ buta huruf/ retarded person) mending ga usah baca @_@

1: pendahuluan

Ok, pertama2, butuh dijelaskan bahwa setiap elemen pasti mempunyai kelemahan masing masing, di ECO, elemen tersebut memiliki siklus seperti ini:


well, harusnya kalian udah paham sejak dulu tentang ini. Sebelum iris update, hal ini bukan menjadi masalah besar karena perubahan damagenya tidak signifikan. Akan tetapi sejak adanya update ini, damage dari elemen meningkat drastis, sehingga pemilihan elemen yang baik sangatlah diperlukan.


2: vektor elemen (defense)

bila kalian pada status kalian, smaka sekarang akan ada layar yang menampilkan elemen kalian menggunakan angka, hal ini saya sebut saja "vektor elemen", yang merupakan besarnya elemen kalian, baik offense maupun defense.
Kegunaan vektor ini akan dijelaskan nantinya di bagian lain @.@

Vektor ini dapat dinaikkan dengan berbagai cara, antara lain:
- menggunakan elemental perfume (attack)
- menggunakan senjata yang memang sudah berelemen (attack)/ armor berelemen (defense)
- Menggunakan shield element milik enchanter (defense)
- menggunakan enchant element senjata milik ele (attack)
- Iris card

batas maksimum dari vektor ini adalah  100 untuk attack maupun defense, semua di atas angka tersebut akan dianggap menjadi 100 saja (unconfirmed, need korban tester). sebagain keterangan, enchant element milik shaman hanya akan meningkatkan 50 vektor pada senjata. Arrow elemen 100, dan semua magic elemen dianggap memiliki vektor elemen attack 100.

Sebelum kelupaan, kita tidak bisa memiliki multiple element. element yang diambil adalah angka yang paling besar dari element kita. Sebagai contoh
seseorang memiliki attribute attack sebagai berikut
wind 10
fire 30
water 28
earth 11
light 2
dark 0

maka element attack orang itu adalah fire dengan vektor 30, element lain tidak diperhitungkan.

Bagaimana dengan elemen yang besarnya sama? misalnya orang yang memiliki element wind 10 earth 10?
ada tabel untuk menentukan elemen mana yang masuk:

semakin ke atas semakin tinggi, jadi bila dalam kasus wind 10 earth 10, maka elemen orang tersebut adalah wind.


3. Vektor elemen (Field)
Sama seperti pada badan, field juga memiliki element. Setiap Field memiliki elemen sendiri dan mempunyai angka vektor yang berbeda2 pula, untuk mengecek besar vektornya, bisa menggunakan skill elemental sensing shaman @_@.
Element pada field ini akan mempengaruhi vektor elementmu jika dan hanya jika elementmu sesuai dengan element field.
Sebagai contoh, kita gunakan orang yang memiliki vektor attack wind 10, earth 5.
apabila field memiliki element wind 50, maka element attack orang tersebut menjadi wind 60
apabila field memiliki element earth 50, maka element orang itu tetap wind 10 (karena element utamanya adalah wind)

Element pada tiap tiap map berbeda, begitu pula dengan vektornya, untuk melihat seberapa besar vektornya bisa digunakan skill elemental sensing milik shaman
Lalu, kita juga bisa memaksa sebuah tempat menjadi element yang kita inginkan dengan bantuan circle milik enchanter. besar vektor dari skill ini adalah 50.

Berikut ini adalah tabel elemen untuk Field2 yang ada di acronia
Spoiler for Hiden:

4. Kalkulasi damage vektor
Enough basa basinya, sesuai dengan penjelasan ngawur nomer 1 di atas, maka setiap elemen memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing, lebih detail dari nomer 1 adalah seperti ini:



keterangan: damage semakin besar apabila angkanya semakin besar, jadi: +3 > +2 > +1 > +0 > -1 > -2 > -3
di sini dapat kita lihat  bahwa sebenarnya, meskipun light lemah terhadap elemen natural lain, yang termasuk "lemah" di sini pertahannannya masih lebih baik (hanya -1) daripada elemen melawan elemen itu sendiri (-3) maupun elemen yang kuat melawan elemen itu (-2), sedangkan elemen darkness, meskipun damage dibilang sangat kuat terhadap elemen, tapi sebenarnya hanya +1

apa beda +1, +2, +3 dkk? well, sesuai dengan no 1 dan no 2+3, maka damage dapat ditentukan dari vektor yang tadi telah dikumpulkan, untuk vektor elemen musuh, dapat dilihat di http://go.gate00.net/Monster_Element  Many Thanks to Rotten Angel

PS: Sebenarnya ada rumusnya untuk tiap 1 vektor, tapi karena majoritas orang orang di sini males ngitung jadi pake simple table aja:

Spoiler for Hiden:







dengan melihat tabel di atas, maka dapat diambil contoh:
seorang shaman menggunakan blast : 400%
dengan menggunakan zen: 800%
melawan musuh dengan elemen yang lemah blast (vektor 100) tersebut, dengan elemen vektor musuh 100 juga: 800% * 450% = 3600% @_@

contoh di atas adalah best case, untuk mewujudkannya, mungkin dibutuhkan skill rise pada monster ditambah circle di bawah monster sehingga damage seperti itu dapat dimungkinkan.



EXTRA : Memperkuat Vektor Elemen

Seperti yang dijelaskan secara singkat di atas, ada berbagai cara untuk meningkatkan vektor elemen dari dirimu. berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan:

Ex.1 Self-Defense:
untuk meningkatkan vektor ini, hanya ada beberapa cara, yaitu:
   1. Menggunakan Iris card, jumlah kenaikan dari iris card tergantung dari berapa banyak kartu yang anda masukkan.
   2. Elemental Shield (shaman || warlock || vates).

perlu diperhatikan bahwa sejak update ini, elemental shield tidak bisa ditumpuk. Yang terakhir sajalah yang dihitung. skill ini pada level 5 akan meningkatkan sebanyak +25 pada vektor defense elemen yang dimaksud.
   3. Worshipper(shadow-Dark Stalker , Flame- Blacksmith): Skill ini hanya bisa digunakan apabila kamu menggunakan skill yang menambah elemen yang dimaksud, sebagai contoh, shadow worshipper bisa menaikkan stat dark apabila kamu dicast oleh dark shield ataupun dark weapon
   4. Scroll create level 2 sage - Shield: efeknya sama seperti elemental shield level 5. jadi kalau tertarik, segera bikin sage pribadi cuman buat bikin scroll :D
   5. Menggunakan marionette. Setiap marionette yang memiliki elemen (electell, salamander, insmouse, dkk, kecuali tiny, pivot, veril) sebesar 30, khusus untuk marionette class golden (gold insmouse, gold electell), vektor defensenya sebesar 50
   6. Menggunakan equip yang memiliki elemen, sebagai contohnya, beberapa model kaos kaki yang menambah elemen sebesar 5, dkk

Ex.2 Self - Offense:
   1. Menggunakan iris card, again, jumlah kenaikan dari iris card tergantung dari berapa banyak kartu yang anda masukkan.
   2. Elemental weapon

skill ini pada level 5 akan meningkatkan sebanyak +25 pada vektor offense elemen yang dimaksud.
   3. Worshipper(shadow-Dark Stalker , Flame- Blacksmith): Skill ini hanya bisa digunakan apabila kamu menggunakan skill yang menambah elemen yang dimaksud, sebagai contoh, shadow worshipper bisa menaikkan stat dark apabila kamu dicast oleh dark shield ataupun dark weapon
   4. Menggunakan Perfume. Perfume bisa dibeli di npc downtown maupun dibuat menggunakan chemical synthesis.
   5. Menggunakan equip yang memiliki elemen, contoh yang paling nampak adalah thor hammer yang meningkatkan vektor offense sebesar 50 (Wind), dan arrow element

Ex.3 Field:
Hanya sedikit cara untuk meningkatkan ini, dan sebagian besar dimiliki oleh enchanter ;_;
   1. Elemental Circle/shadow pentagram/Summon Holy Light (shaman || warlock || vates):

Skill ini membuat area sebesar 3x3 (kecuali light yang 5x5) menjadi berelemen yang dimaksud, dengan vektor elemen bertambah 50 pada level 5
   2. Fairy Prayer, Gunanya hanya untuk memboost elemen yang sudah ada pada tanah, sebesar 5x5, misal, tanah di awah anda memiliki vektor water 10, maka akan diperkuat menjadi -entah berapa-. Cukup efektif pada saat-saat tertentu

Ex4. Enemies:
Ada juga cara untuk memaksa elemen musuh berubah, caranya adalah:
   1. Elemental Rise/Heavenly Blessing/Shadow Blessing

Skill ini akan menambah vektor sebesar 50 pada musuh yang bersangkutan, tapi pada beberapa kasus elemental musuh tidak bisa diubah sebagai contoh
musuh memiliki element dark 80, meski diberi rise light, maka monster akan memiliki dark 80 dan light 50, dalam kasus ini, elemen musuh akan tetap dark.
   2. Abnormal Effect: Skill freeze dan petrify akan mengubah vektor elemen musuh menjadi 100 (water bila terkena freeze, dan earth bila terkena petrify).
   3. Supportive Arrow: (thanks to cc Kamen Rider @.@)

Mirip seperti skill rise milik enchanter, skill ini meningkatkan element pada musuh sebesar 60 vektor @_@



Trivia
1. Field elemen tidak akan berguna apabila elemen musuh/self tidak sama dengan elemental field
2. Meski dark dibilang kuat melawan elemen, tapi sebenarnya, sekuat-kuatnya dark, damagenya cuman separohnya dari elemental exploit lain


Question and Answer
btw, masih bingung soal skill....gimana dengan skill Elemental? (Wrath, Quartet, Shrine)
mereka masuk elemen mana dong? @_@


Kalo ele shrine udah jelas 4 hit ganti2 elemen, jadi ya pas kena elemen yg kuat damage gede

Nah ele wrath, kalo liat wiki jpn perhitungan damagenya ternyata 4x 325%, jadi sebenernya 4 hit juga dgn 4 elemen yg berbeda



Mo nanya dikit urusan perhitungan efek dari element dkk bila casenya seperti ini:

momon tersebut di beri heaven blessing lv 5 lalu di freeze kemudian di hajar EW ato di freeze kemudian di berikan heaven blessing lv 5.

dari pengalaman sih, damage naik lebih tinggi daripada hanya menggunakan salah satu buff (heaven blessing or freeze)

nah perhitungan detailnya ada yang tau? apakah abnormal effect memiliki perhitungan tersendiri? ato gimana?

thx u..
gomen, rumus yang gw tulis di atas itu buat single element.

klo pake wrath seperti yang dijelasin hinanawi >.<

Untuk Wrath tentu berpengaruh Heavely Blessing
Pada Elemantal Wrath khan dasarnya 4 damage yang dikalkulasikan menjadi 1

Bayangkan kalau freeze tanpa HB
Fire 325% x 450% (efek freeze yang water jadi 100 vector)
-Freeze cair-
Water 325% x 100% (no effect),udah cair
Earth 325% x 100% (no effect)
Wind 325% x 100% (no effect)
Total damage =  1462.5 +  325 + 325 + 325 =  2537.5%

Bayangkan lagi tanpa Freeze tapi HB
Fire 325% x 250% (anggap 250% dari Heavely Blessing, Light +50)
Water 325% x 250% (anggap 250% dari Heavely Blessing, Light +50)
Earth 325% x 250% (anggap 250% dari Heavely Blessing, Light +50)
Wind 325% x 250% (anggap 250% dari Heavely Blessing, Light +50)
Total damage =  812.5 +  812.5 + 812.5 + 812.5 =  3250%

Hmm kenapa secara teori HB damage lebih besar ya?

Fire paling atas, jadi perhitungannya
Escargo + Frosty + HB = element dia Water 100 Light 50
Fire dihitung duluan 325% x 450% (efek freeze yang water jadi 100 vector)
Hasilnya freeze Escargo hilang, dan hanya menjadi element Light 50 saja
Water 325% x 250% (anggap 250% dari Heavely Blessing, Light +50)
Earth 325% x 250% (anggap 250% dari Heavely Blessing, Light +50)
Wind 325% x 250% (anggap 250% dari Heavely Blessing, Light +50)
Total damage =  1462.5 +  812.5 + 812.5 + 812.5 =  3900%


PS: urutan magic dari Elemental wrath adalah
Fire -> Water -> Earth -> Wind




PS: Blon selesai pada bagian minor detail, bakal diedit besok2.
Kayak biasa, Ada kritik/saran/ pertanyaan langsung ajah tanya, gw usahain jawab (klo sanggup), ato klo ada yang mau berbaik hati jawabin @_@ . klo bahasanya terlalu teknikal, mohon maap, tolong kasih feedback gimana baiknya nulisnya.

please do not ask what's already written or already asked, I won't answer that kind of question @_@

Source: Wiki JP

Quote from: The Art of War
So it is said that if you know your enemies and know yourself, you can win a hundred battles without a single loss.
If you only know yourself, but not your opponent, you may win or may lose.
If you know neither yourself nor your enemy, you will always endanger yourself.


~Hourai Etealune~
« Last Edit: January 09, 2012, 04:58:55 PM by Hourai Ningyou »
My Blog: Hourai.Etealune.net
My Iris card database: iris.etealune.net - if you can't open it, use this link instead: http://etealune.net/iris

Latest addition: How to play at ECO Jp

Offline Nafi

  • Elder
  • Words of Letters
  • *
  • Posts: 2236
  • Cookie: 59
  • O.O
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #1 on: September 19, 2010, 03:59:57 AM »
waw...
seram...
ternyata perhitungan bonus damage elementnya ga berenti di +100% aja.
@_@ @_@ @_@



masih perlu di pelajari lebih dalam... ditunggu lanjutannya :nod:
« Last Edit: September 19, 2010, 04:03:56 AM by Nafi »
Kapan ya bisa punya Teria beneran?

Offline Rorona

  • Elder
  • Apprentice of Words
  • *
  • Posts: 1025
  • Cookie: 47
  • Rorona: hm? nani ka goyo desu ka?
    • Pixiv
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #2 on: September 19, 2010, 04:21:26 AM »
buka kamus, ngapalin atribute elemen tiap monster... ahaha xD

tapi yang paling penting meningkatkan elemen yg kita inginkan dulu ya?
hanya saja masih jadi alchemist.

Rorona Onee-san~

Offline ish`

  • Judgment Hand
  • Follower of Words
  • *******
  • Posts: 105
  • Cookie: 45
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #3 on: September 19, 2010, 05:53:00 AM »
.... cuma efektif buat monster hunting.. atau char2 dengan elemental skill.. nasib.. karena gw cuma punya char melee.. dmg aplikasinya ga seefektif para elementaler *dies*
I want her recognize me.. as human .. as person .. as her beloved one..

An irreplaceable encounter is connecting to a miracle.

If you are here, I don't need anything else, I will definitely make you happy.

Offline Drizzt

  • Apprentice of Songs
  • **
  • Posts: 1360
  • Cookie: 50
  • Cucurrit Quaeque Tetigit Destruen
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #4 on: September 19, 2010, 07:10:06 AM »
.... cuma efektif buat monster hunting.. atau char2 dengan elemental skill.. nasib.. karena gw cuma punya char melee.. dmg aplikasinya ga seefektif para elementaler *dies*

masi signifikan kk, saya coba kasi elemen wind ke rifle, dan damage cc menggila, jadi bisa OHKO Gigan di dg 80

« Last Edit: September 19, 2010, 08:00:05 AM by Drizzt »
Epic! Twin Quest Slave of Einherjar  &  Celestial Being

Offline prokeke

  • Follower of Songs
  • ****
  • Posts: 431
  • Cookie: 49
  • ♪ Even heroes have the right to bleed ♫
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #5 on: September 19, 2010, 09:08:02 AM »
Pertama mau ngucapin thx banget buat guidenya :D
This is what I;ve been looking for ^^

terus mau konfirmasi aja
Lalu, kita juga bisa memaksa sebuah tempat menjadi element yang kita inginkan dengan bantuan circle milik enchanter. besar vektor dari skill ini adalah 50.


Wah, jadi 50 ya? Soalnya setahu saya di SAGA sebelumnya fieldnya jadi 100 kalau dikasih elemental circle (source)
N.B: Saya lihat ada orang yang IDnya HouraiNingyou juga post di situ :D apakah anda?

Itu guide di SAGA jaman dulu sih jadi mungkin infonya udah beda
Apa mungkin vectornya diubah jadi 50 karena IRIS update?  :???:
« Last Edit: September 19, 2010, 09:09:22 AM by prokeke »
“Full speed, full power, full throttle!!"

Offline sacchan_magician

  • Gate Guardian
  • Lord of Wisdom
  • *
  • Posts: 5843
  • Cookie: 62
  • YKS!
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #6 on: September 19, 2010, 10:09:34 AM »
di SAGA 7 kmrn, vector pemakaian elemental shield memang 50, atau baru sekarang jadi 50, dan dulu kurang dari itu?

er...dan berarti kombinasi shield ga bisa lagi dipake? @_@

dan satu pertanyaan lagi...gimana dengan serangan yg (nampak seperti) punya 2 elemen, misalnya icicle tempest dan lava lake? :???:
Contacts Line only
srsly, you can find me there

[ IdECO - Sachiko | Mirenne ] | [ JpECO - 菜の花幸子 - Zinnia ] | [ Els - Okiku ] | Granblue Fantasy

Cherry blossom petals falling from the sky...down to the pure white earth, falling with the pure white snow...

Offline Rayvelt

  • * Pandemonium
  • Apprentice of Words
  • *
  • Posts: 1139
  • Cookie: 51
  • EleGiggle
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #7 on: September 19, 2010, 10:32:10 AM »
di SAGA 7 kmrn, vector pemakaian elemental shield memang 50, atau baru sekarang jadi 50, dan dulu kurang dari itu?

er...dan berarti kombinasi shield ga bisa lagi dipake? @_@

dan satu pertanyaan lagi...gimana dengan serangan yg (nampak seperti) punya 2 elemen, misalnya icicle tempest dan lava lake? :???:
temen saya coba... pake fire shield di lava temen 0 0 0 0 0
dicoba lagi pake water shield di icicle... 0 0 0 0 0 :sweat:
cuman masih belom coba kalo pake earth ama wind shield

Offline prokeke

  • Follower of Songs
  • ****
  • Posts: 431
  • Cookie: 49
  • ♪ Even heroes have the right to bleed ♫
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #8 on: September 19, 2010, 10:54:11 AM »
di SAGA 7 kmrn, vector pemakaian elemental shield memang 50, atau baru sekarang jadi 50, dan dulu kurang dari itu?

er...dan berarti kombinasi shield ga bisa lagi dipake? @_@

dan satu pertanyaan lagi...gimana dengan serangan yg (nampak seperti) punya 2 elemen, misalnya icicle tempest dan lava lake? :???:

SAGA lalu dan SAGA skrg 50 kok. Cuma multipliernya aja yang berubah, makanya seperti yang dibilang rayvelt vector 50 udah cukup buat meng-nol-kan serangan magic element asal kita pakai defending element dengan multiplier -3

kombinasi shield g bisa dipake (tested @_@) shield yang terakhir dicast itu yang berlaku

kalau ici sama lava lake itu seharusnya murni air dan api kok (blm test di SAGA 8), castnya aja yang warna warni :D
“Full speed, full power, full throttle!!"

Offline Rayvelt

  • * Pandemonium
  • Apprentice of Words
  • *
  • Posts: 1139
  • Cookie: 51
  • EleGiggle
Re: [Guide] Elemental Properties - Iris Version
« Reply #9 on: September 19, 2010, 10:58:18 AM »
vectornya 50 kan kalo pake buff gitu?
(tapi kemaren pas opening SAGA 8 saya cast dark weapon (dengan catatan shadow worshipper) dapetnya element pada weapon 100 pada shield 20, pas di domi world coba cast cuman dapet 50 weaponnya @_@ )