Author Topic: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?  (Read 2957 times)

missypurple

  • Guest
Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« on: September 22, 2011, 11:26:02 AM »

Dalam perjalanan ke suatu tempat atau mungkin ketika makan di pinggiran saat malam mingguan, besar kemungkinan kamu akan berjumpa dengan yang namanya pengamen. Itu hal yang biasa di Indonesia, khususnya Jakarta. Tapi pertanyaan yang paling penting sebenarnya adalah: berapa uang yang harus kamu kasih ke pengamen? Ini penting, karena kalo kedikitan ntar kasian pengamennya, tapi kalo kebanyakan kasian kamu. Tenang, hari ini MBDC akan memberikan tips memberikan uang yang tepat bagi pengamen, dikelompokkan berdasarkan jenis pengamennya.

Pengamen Gak Jelas

Pengamen gak jelas adalah pengamen yang gak jelas nyanyi apa, terkadang cuma pake kecrekan atau mungkin tepuk tangan, kalo pun pake gitar, gitarnya gak distem dengan bener, dan yang jelas sih bikin kamu kesel ngeliatnya.

Berapa yang Harus Kamu Kasih: Kasih tangan aja alias dadahin alias gak usah kasih duit.

Pengamen Gak Jelas Tapi Serem

Pengamen gak jelas tapi serem adalah pengamen yang sebenernya gak jelas nyanyi apa (terkadang gak nyanyi sih, cuma bilang kalo dia abis keluar dari penjara) tapi bentukannya serem banget. Pada dasarnya dia bukan pengamen sih, lebih tepat disebut preman.

Berapa yang Harus Kamu Kasih: Kalo kamu pemberani dan tangguh, kasih tangan aja. Tapi kalo kamu agak takut kasih aja Rp. 500. Jangan kasih Rp. 100, ntar dibuang trus kamu sakit hati.

Pengamen yang Bikin Kamu Ketawa

Terkadang ada pengamen yang sebenernya nyanyinya gak bagus atau biasa aja, tapi kata-kata pembukanya sebelum nyanyi bikin kamu ketawa atau mungkin menghibur banget. Jadi terkadang nyanyinya dia yang gak OK bisa ketolong sama pembawaannya yang lucu.

Berapa yang Harus Kamu Kasih: Antara Rp. 500 sampe Rp. 1,000, tergantung seberapa OK nyanyinya. Kalo jelek banget Rp. 500 kalo lumayan OK Rp. 1,000.

Pengamen yang OK

Ini adalah tipe pengamen yang nyanyinya lumayan lah, gak bikin kamu kesel tapi gak bagus juga.

Berapa yang Harus Kamu Kasih: Rp. 500 aja biasanya cukup.

Pengamen yang Niat

Pengamen yang niat adalah pengamen yang bawa alat-alat yang cukup meyakinkan, seperti misalnya bawa keyboard, biola, drum jadi-jadian, atau mungkin bass betot. Biasanya sih pengamen model ini jadinya bagus.

Berapa yang Harus Kamu Kasih: Antara Rp. 2,000 sampai Rp, 10,000. Kalo jadinya masih biasa aja paling gak kasih Rp. 2,000 karena niat. Tapi kalo emang bagus banget ya Rp. 10,000 juga pantes dong.

Pengamen yang Bagus Banget

Pengamen yang bagus banget adalah pengamen-pengamen yang kualitasnya kurang lebih seperti yang ada di video ini:

Stand By Me | Playing For Change | Song Around the World


Memang gak begitu banyak, tapi kalau sampe kamu bisa menjumpai, maka –

Berapa yang Harus kamu Kasih: Rp. 50,000,000 + Kontrak Rekaman + Royalti.

Demikianlah, jadi jangan bingung lagi ya harus ngasih berapa ke pengamen. Semoga berguna.


Source

Offline Shefira

  • Apprentice of Words
  • *
  • Posts: 1062
  • Cookie: 47
  • Everything is Heresy
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #1 on: September 22, 2011, 11:38:20 AM »
Berapa yang harusnya orang waras kasih ke pengamen? Zero effin nol

Mereka sehari bisa dapet minim 30rebu ga pake modal. Cuman asal ngicrik2 sebulan 900rebu. Sementara orang laen musti kerja keras biar nyentuh UMR, mereka ga pake apa2 udah bisa beli HP

Pengemis lebih parah lagi :sweat:
<null>

Offline mekky

  • Lord of Love Conquest
  • Follower of Words
  • *****
  • Posts: 117
  • Cookie: 60
  • strange are the ways of men
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #2 on: September 22, 2011, 07:25:52 PM »
sering bgt pas mkn ktemu sm pengamen yg oke
suara bgs, modal gitar baru, baju bersih, wajah tampan, skill jg asik
antara tega ngasih duit kok dy mirip kyk org kaya
antara gk tega gk ngasih duit soalnya dy nyanyinya niat bgt kyk kerja bneran
"I'd not kill people simply for believing differently from me. I killed them because I could! Because it was fun!
Do you know what it feels like to determine another man's fate?
And did you see the way the people cheered? The way they feared me? I was like a God!"
Sheera Durothil - Rogue

Offline Erokhi

  • Apprentice of Words
  • *
  • Posts: 948
  • Cookie: 46
  • Angel without his wings...
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #3 on: September 23, 2011, 07:23:24 PM »
Tapi hati2, preman pun bisa menyamar jadi pengamen.
Dia ga dapet uang? Ujung2nya kena palak deh. 
Sebelum kita kasih uang, dompet uda jadi korban. @_@

Offline Chearly

  • Follower of Words
  • **
  • Posts: 170
  • Cookie: 45
  • I'll be ur Guardian Angel~
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #4 on: October 04, 2011, 04:55:35 AM »
Wogh.. Yg plg bawah itu.. 50jt + embel"ny  (>ˆ▽ˆ)> ωªªκªªκªªκ <(ˆ▽ˆ<) 
Baguslah ini, pedoman untuk ngasi uang ke pengamen XD
I know you're not so far away ♥~

Offline reinalunarrune

  • Elder
  • Follower of Songs
  • *
  • Posts: 477
  • Cookie: 47
    • Reina Lunarrune's Snowfield
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #5 on: October 07, 2011, 07:15:44 PM »
Yang terakhir videonya kereeeeen @_@
Aku sih ngasihnya tergantung mood aja, lebih sering ngasih tangan sih..  =P

Kalo aku malah pernah pas lagi jalan2 ada pengamen gt, lusuh banget gitu ga tega, akhirnya rogoh2 kantong nyari receh, pas noleh ke dia lagi.... dianya lagi smsan pake hp yang lebih mahal daripada hpku...  :sembah:
« Last Edit: October 07, 2011, 07:16:51 PM by reinalunarrune »

Offline VaL

  • Follower of Speech
  • ***
  • Posts: 247
  • Cookie: 46
  • Silver Knight
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #6 on: October 09, 2011, 09:13:42 AM »
klo saya si,
seringnya nemu 3 jenis pengamen di bandung :
1. bocah2 geje bawa kecrekan tutup botol trus nyanyi dengan komat kamit --> kasih tangan, pelototin mpe dia pergi
2. segerombolan band ga kesampaian dengan alat musik mulai dr harmonika, gitar, biola, hingga drum, biasanya bermain secara ensembel dengan vokalis bersuara cempreng, alat musiknya berisik luar biasa untuk nutupin suara cemprengnya =_= --> kasih tangan, pelototin mpe pergi
3. pemuda / pemudi dengan baju sederhana agak lusuh namun suaranya ga kalah dr indonesian idol diiringi dengan alat musik gitar (6 tahun di bandung cuma nemu 2-3 org)--> kasih senyuman, dan uang kisaran 5k-10k

pengamen itu bisa disebut jg sebagai seniman
tp ga semua pengamen bisa disamakan sebagai seniman
cuma yang bersungguh2 dan terus mengembangkan kemampuannya layak disebut sebagai seniman

klo pengamen itu beneran berkualitas, mgkn ada baiknya kita memberikan apresiasi berupa pujian dan uang sebagai "harga" atas usaha mereka sehingga memotivasi mereka untuk terus mengembangkan kemampuannya dan siapa tau suatu hari muncul di tv dan sukses :D

klo udah bertahun2 jadi pengamen tapi suaranya ttp cempreng, kemana aja dia selama ini?
atau cuma modal kecrekan dan teknik nyanyi menggumam mending kelaud deh, jgn kasih sepeser pun =_=
VaL [Blademaster - Lv. 110/50/50/50]
Target : 1.000.000.000 G
Currently : 1.100.000.000 G

Offline ADHeaven

  • Follower of Speech
  • ***
  • Posts: 275
  • Cookie: 48
    • Colorful Acronia
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #7 on: October 09, 2011, 09:24:44 AM »
Dan ini salah satu contoh bagus yang bisa masuk ke kategori terakhir. :sembah:
Cello Quartet on Charles Bridge in Prague

Mereka aslinya emang mahasiswa jurusan musik sih. Kalo main di jalan kayak gini sih mungkin sebagai latihan aja ya, dan lumayan kalo bisa ada pendapatan :nod:

-Signature by the manly Shnao-
~Colorful Acronia: Ring Revelations' Diary~
"Just because it's bigger, doesn't make it better. And I prefer when it's small but faster" - Myself commenting on Ele/Encha skills.

Offline faikid

  • * Starlite Chronicles
  • Words of Letters
  • *
  • Posts: 2176
  • Cookie: 45
  • Cintailah apa yang menurutmu pantas untuk dicintai
Re: Berapa yang Harus Kamu Kasih ke Pengamen?
« Reply #8 on: October 11, 2011, 09:29:38 AM »
pling sring ngasi tanga, abis emg jrg bgt nemu yg bner2 spt bbrp list trakhir @_@
C'est de la vie! Naze ka sore ga ima ichiban no takaramono
ACCEL CHANGER, HENSHIN